Banyak orang gagal tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan saat mereka menyerah . T A Edison.

Sunday 1 February 2009

The History of The Qur'anic Text



SEJARAH TEKS AL-QUR'AN

Dari Wahyu Sampai Kompilasi (Kajian Perbandingan dengan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru)

Judul asli: THE HISTORY OF THE QUR'ANIC TEXT, From
Revelation to Compilation (A Comparative Study with the Old and New Testaments)
Penulis: Prof. Dr. Mustafa Al-A'zami
Diterbitkan oleh: Gema Insani, bekerjasama dengan International Islamic University Malaysia

SINOPSIS:
"Buku ini diharapkan dapat beredar dan ditelaah secara mendalam di kalangan umat Islam. Bagi yang terlibat khususnya di bidang dakwah, dialog agama, dan pendidikan. Penelitian buku ini juga dapat dijadikan menu utama dan bahkan dapat dianggap sebagai sesuatu yang amat signifikan di masa sekarang." (MURAD WILFRIED HOFMANN, The Muslim World Book Review)

"Profesor Azami telah memberi sumbangan positif terhadap kajian kitab suci Al-Qur'an dalam bahasa Inggris. Hasil penelitiannya sangat impressive." (ADIL SALAHI, Impact International)

"Apabila Imam Syafi'i pada masa klasik dijuluki 'Nashir as-Sunnah' (Pembela Sunnah) oleh warga Kota Suci Mekah, karena beliau berhasil mematahkan argumentasi para pengingkar Sunnah. Pada masa kini guru kami Prof. Dr. M.M. Azami dijuluki sebagai 'Pembela Eksistensi Hadits' karena beliau berhasil meruntuhkan argumentasi kelompok Orientalis yang menolak Hadits berasal dari Nabi Muhammad saw. Dengan terbitnya buku ini, Prof. Azami melengkapi jati dirinya sebagai Ahli Al-Qur'an dan Ahli Hadits." (PROF. KH. ALI MUSTAFA YAQUB, M.A., Guru Besar Institut Ilmu Al-Qur'an (HQ) Jakarta.


BUKU INI menyajikan ide pemikiran secara lugas tentang kita suci Al-Qur'an serta sistem preservasinya dan sekaligus membedah trick negatif dan sasaran tembak pihak Orientalis. Asal-usul penerimaan wahyu, peranan Nabi Muhammad saw. dalam sosialisasi ajarannya, koleksi ayat-ayat serta setting naskah akhir seluruhnya dikupas secara jeli oleh penulisnya. Topik bahasan melingkupi antara lain: asal-usul naskah bahasa Arab, sebutan Mushaf Ibn Mas'ud, metodologi ketat yang dikemas dalam pengolahan data, dan semua jenis fragmentasi naskah.

Melalui sistem komparasi, penulis mendemonstrasikan intelektualnya dalam menguak sejarah Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru bersandarkan pada sember orisinal dalam membuktikan berbagai alternasi yang terjadi pada Kitab Injil. Menurutnya, penelitian pihak Barat terhadap kitab suci umat Islam dilandasi semata-mata oleh rasa sok tahu, bukan mengacu pada data ilmiah tentang integritas kitab tersebut.

Upaya monumental ini adalah sebuah karya ilmiah yang ditulis dengan "nada gemas" setelah melihat serangan gencar pihak lain, sehingga perlu diambil sebagai rujukan dan bahkan diteladani dalam melakukan kajian objektif di tengah arus kebencian Orientalis terhadap Kitab Suci Umat Islam.




download

0 comments: